Saturday, February 13, 2010

TROUBLE SHOOTING AIR CONDITIONER PADA MOBIL TOYOTA COROLLA 4A FE

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Perkembangan ilmu dan teknologi pada era sekarang sangatlah pesat dari peningkatan kemampuan, keterampilan dan profesionalisme sumber daya manusia. Berbagai usaha peningkatan telah dilakukan pada semua bidang termasuk dalam bidang otomotif. Perkembangan teknologi pada bidang otomotif berperan cukup besar terhadap kemajuan bidang-bidang lainnya. Untuk itu perlu adanya tenaga-tenaga ahli dalam bidang ini, apalagi menghadapi serbuan negaranegara produsen otomotif dengan pemasaran produk mereka memasuki era pasar bebas.

Setelah otomotif menjadi universal technology yang dapat dinikmati semua orang dari berbagai kalangan, maka timbul berbagai masalah yang disebabkan oleh beragamnya pemakaian produk otomotif. Ketidak sesuaian antara produk otomotif dan tuntutan pemakai disebabkan karena semakin majunya perkembangan jaman membentuk pola berfikir yang ingin dilayani secara professional sehingga pemakai produk otomotifpun menginginkan kenyamanan dalam berkendaraan.

Dengan semakin tingginya tingkat tuntutan pemakai (konsumen) maka industri otomotif harus berinovasi dengan melakukan perbaikan dalam pemenuhan tuntutan pelanggan, diantaranya dengan penambahan fasilitas Air Conditioner (AC) untuk kesejukan dan kenyamanan berkendaraan. Air Conditioner merupakan suatu perlengkapan yang memelihara dan memurnikan udara (Purification) di dalam ruangan agar temperatur, kelembaban dan sirkulasi udara tetap nyaman dan terkontrol. Apabila di dalam ruangan temperatur tinggi, maka panas yang di ambil agar temperatur turun disebut pendinginan. Sebaliknya ketika temperatur di dalam ruangan rendah, maka panas yang di ambil agar temperatur naik disebut pemanasan .

Pada masa era globalisasi ini kenyamanan pada mobil sangatlah diperlukan, industri berlomba-lomba menciptakan inovasi baru untuk menambah kenyamanan mobil yang mereka produksi salah satunya dengan pengaturan suhu, kelembaban udara, dan kebersihan didalam ruangan. Sistem AC dipergunakan untuk mempertahankan kondisi udara baik suhu dan kelembabanya dengan cara sebagai berikut :
  1. Pada saat suhu ruangan tinggi AC akan menyerap panas dari lingkungan sehingga suhu di ruangan itu akan turun dan sebaliknya saat suhu ruangan rendah AC akan melepaskan panas ke udara sehingga suhu akan naik.
  2. Bersamaan dengan hal itu, kelembaban udara berkurang sehingga kelembaban udara di pertahankan pada tingkat yang nyaman.
Prinsip dasar AC adalah proses penyerapan dan pelepasan panas dengan menggunakan suatu zat yang mudah menyerap (refrigerant). Kondisi refrigerant di pengaruhi oleh pengatur dan tekanan yang diberikan kepadanya.
Pada sistem AC terjadi gangguan-gangguan yang dapat mengurangi kenyamanan dan ketenangan didalam pengendaraan sebuah mobil untuk itu saya merancang sebuah stand AC pada kendaraan toyota corolla 4A FE.

Baca Selengkapnya ..

No comments: