Saturday, February 13, 2010

ANALISIS GANGGUAN SISTEM INJEKSI BAHAN BAKAR MESIN DIESEL HYUNDAI FE 120 PS DAN CARA MENGATASINYA

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Diesel berasal dari nama seorang insinyur dari Jerman yang menemukan mesin ini pada tahun 1893, yaitu Dr. Rudolf Diesel. Pada waktu itu mesin tersebut tergantung pada panas yang dihasilkan ketika kompresi untuk menyalakan bahan bakar. Bahan bakar ini diteruskan ke silinder oleh tekanan udara pada akhir kompresi. Pada tahun 1924, Robert Bosch, seorang insinyur dari Jerman, mencoba mengembangkan pompa injeksi daripada menggunakan metode tekanan udara yang akhirnya berhasil menyempurnakan ide dari Rudolf Diesel. Keberhasilan Robert Bosch dengan mesin dieselnya tersebut sampai saat ini digunakan oleh masyarakat.

Dalam mesin diesel, bahan bakar diinjeksikan ke dalam ruang bakar pada akhir langkah kompresi. Sebelumnya udara yang diisap telah dikompresi dalam ruang bakar sampai tekanan dan temperatur menjadi naik. Naiknya tekanan dan temperatur mengakibatkan bahan bakar menyala dan terbakar sendiri. Untuk memperoleh tekanan kompresi yang tinggi saat putaran mesin rendah, banyaknya udara yang masuk ke dalam silinder harus besar tanpa menggunakan throttle valve untuk membatasi aliran dari udara yang dihisap.

Dengan demikian dalam sebuah mesin diesel, output mesinnya dikontrol oleh pengontrol banyaknya bahan bakar yang diinjeksikan. Berbeda dengan mesin diesel, output mesin bensin dikontrol oleh membuka dan menutupnya throttle valve dengan cara mengontrol banyaknya campuran udara dan bahan bakar yang masuk. Bagian terpenting saat pemeliharaan pada mesin bensin yaitu perbandingan udara dan bahan bakar dari campuran udara dan bahan bakar, besarnya campuran yang masuk, apakah tetah memadai kompresinya, apakah ada atau tidak kemampuan pengapiannya dan juga apakah saat pengapiannya tepat. Sementara dalam mesin diesel, kompresi adalah bagian yang paling penting dalam pemeliharaan.. Penggunaan perbandingan kompresi yang tinggi dan bahan bakar dengan titik bakar (ignition point) yang rendah akan memperbaiki kemampuan terbakarnya bahan bakar.

Banyaknya udara yang masuk ke silinder pada mesin diesel memiliki pengaruh besar terhadap terjadinya pembakaran sendiri (self-ignition) yang dapat menentukan output. Efisiensi pengisapan adalah suatu hal yang penting. Untuk bahan bakar mesin diesel menggunakan minyak diesel (solar). Bahan bakar diinjeksikan ke dalam ruang bakar, dan dapat terbakar secara spontanitas oleh adanya temperatur udara yang tinggi. Tingginya temperatur udara yang dikompresikan dapat mempermudah bahan bakar untuk terbakar secara spontanitas. Nilai kemampuan bahan bakar diesel untuk cepat terbakar adalah angka cetane (cetane number). Untuk mesin diesel yang berkecepatan tinggi yang digunakan pada kendaraan truk dan mobil-mobil angka cetane yang umumnya digunakan sekurang-kurangnya 40-45.

B. Permasalahan

Dari uraian tersebut di atas dapat dirumuskan masalah sebagai berikut :
  1. Gangguan apa saja yang sering terjadi pada sistem injeksi bahan bakar pada mesin diesel Hyundai FE 120 PS ?
  2. Bagaimana cara mengatasi gangguan yang terjadi pada sistem injeksi bahan bakar pada mesin diesel Hyundai FE 120 PS (trouble shooting) ?
C. Tujuan Proyek Akhir

  1. Untuk mengetahui gangguan sistem bahan bakar pada mesin diesel Hyundai FE 120 PS.
  2. Untuk mengetahui cara mengatasi gangguan – gangguan yang terjadi pada mesin diesel Hyundai FE 120 PS.
D. Manfaat Proyek Akhir

Manfaat yang dapat diperoleh dari pelaksanaan proyek akhir ini adalah :
  1. Memberikan informasi pengetahuan kepada para pembaca khususnya mengenai sistem injeksi bahan bakar pada mobil diesel Hyundai FE 120 PS.
  2. Dapat memahami prinsip kerja dan komponen-komponen sistem injeksi bahan bakar pada diesel.
  3. Memberikan informasi kepada bengkel dan teknisi-teknisi dalam menganalisa dan cara memperbaiki kerusakan yang terjadi pada sistem injeksi bahan bakar motor diesel.
  4. Memberikan wawasan yang detail dan kongkret tentang sistem injeksi bahan bakar pada motor diesel.
E. Sistematika Penulisan

Untuk memberikan gambaran yang menyeluruh dalam memahami penulisan proyek akhir, maka secara garis besar sistematika penulisan proyek akhir ini dibagi menjadi tiga bab yaitu ;BAB I Pendahuluan terdiri dari latar
belakang, permasalahan, tujuan proyek akhir, manfaat proyek akhir, dan sistematika penulisan. BAB II Pembahasan berisi landasan teori, sistem injeksi bahan bakar pada Motor Diesel Hyundai FE 120 PS, dan analisa gangguan sistem injeksi bahan bakar dan cara mengatasinya. BAB III Penutup berisi simpulan dan saran. Bagian akhir adalah daftar pustaka dan lampiran-lampiran.

Selanjutnya .....

royghanda90@gmail.com

No comments: