Wednesday, February 10, 2010

SISTEM INFORMASI PEMESANAN DAN PENJUALAN TIKET PESAWAT BERBASIS WEB

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah

Dewasa ini informasi merupakan suatu hal yang tidak dapat dipisahkan dari aktifitas kehidupan. Kebutuhan manusia yang semakin komplek, mendorong manusia untuk mengembangkan teknologi-teknologi terbaru termasuk Intranet & Internet. Kemajuan teknologi ini nantinya diharapkan dapat mempermudah perusahaan dalam menjalankan segala aktifitasnya. Dengan adanya Teknologi Internet & Intranet ini banyak manfaat yang diperoleh perusahaan diantaranya adalah informasi antara satu pihak dengan pihak lainnya dapat dikomunikasikan dengan baik. Informasi menjadi tidak terbatas pada tempat maupun ruangan. Informasi perusahaan bisa diakses dari manapun di seluruh penjuru dunia.
Dengan berkembangnya teknologi komputer baik di bidang hardware maupun software terdapat banyak alternatif untuk mengembangkan sistem informasi di masing-masing perusahaan. Dengan mengembangkan sistem informasi pemesanan dan penjualan tiket pesawat berbasis WEB di PT. Pahala Kencana proses penjualan tiket pesawat tidak akan lagi membutuhkan tempat secara fisik dan juga bisa dilakukan darimana saja serta kapan saja tanpa harus datang langsung ke agent yang diinginkan.
Salah satu kegiatan manusia yang bersifat sekunder adalah melakukan perjalanan dari tempat yang satu ke tempat yang lain baik di luar kota, pulau maupun antar negara. Dalam hal ini sarana transportasi adalah merupakan kebutuhan primer. Pembahasan tentang sarana transportasi terutama yang bersifat komersial berarti berhubungan dengan pembelian tiket pesawat.. Tidak dapat dipungkiri bahwa membeli tiket
pesawat dengan mudah, cepat dan aman adalah faktor yang menentukan keputusan konsumen dalam memilih travel agent.
PT. Pahala Kencana merupakan salah satu perusahaan travel agent yang menyediakan pemesanan dan penjualan tiket pesawat. Namun sejalan
dengan persaingan antar perusahaan sejenis maka mau tidak mau, harus melakukan terobosan dan inovasi terutama dibidang penjualan. Kemudahan mendapatkan informasi perjalanan baik jadwal, keberangkatan maupun harga, kecepatan pemesanan tiket atau layanan jasa sejenis merupakan salah satu target yang diinginkan oleh manajemen perusahaan. Oleh karena itu seiring dengan kemajuan teknologi web, maka manajemen PT. Pahala Kencana memutuskan untuk menggunakan layanan jasa pemesanan dan penjualan tiket pesawat berbasis web. Diharapkan dengan adanya inovasi dibidang layanan pemesanan dan penjualan ini kualitas layanan perusahaan akan meningkat dan secara otomatis akan ikut mendongkrak nilai penjualan.
Dari latar belakang permasalahan yang ada maka penulis membuat suatu sistem informasi pemesanan dan penjualan tiket pesawat berbasis web di PT. Pahala Kencana dengan menggunakan bahasa pemrograman ASP dan diharapkan bisa menjadi lebih efektif dan efisien dalam pengolahan data pemesanan dan penjualan tiket pesawat.

1.2 Perumusan Masalah
Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah :
1. Bagaimana membuat dan mendesain aplikasi web berupa Sistem Informasi Pemesanan dan Penjualan Tiket Pesawat di PT. Pahala Kencana.
2. Bagaimana membuat dan mendesain aplikasi web yang mampu mempermudah konsumen dalam melakukan pemesanan tiket.

1.3 Pembatasan Masalah
Pembuatan sistem dalam Skripsi ini dibatasi pada hal-hal sebagai berikut:
1. Pelayanan tiket pesawat terbatas pada PT. Pahala kencana.
2. Khusus untuk prosedur pembayaran atau pembatalan, konsumen harus menukarkan bukti print out pemesanan atau pembatalan ke cabang-cabang PT. Pahala Kencana yang ada di hampir semua kota-kota besar di Indonesia.
3. Konsumen tidak bisa memilih tempat duduk selain tempat duduk yang masih tersedia.
4. Layanan penjualan hanya terbatas untuk tiket domestik

1.4 Tujuan Penelitian
Tujuan pembuatan Skripsi ini adalah :
1. Membuat dan mendesain aplikasi web yang menjadi Sistem Informasi Pemesanan dan Penjualan Tiket Pesawat Berbasis Web di PT. Pahala Kencana.
2. Membuat aplikasi web yang mampu mempermudah konsumen dalam melakukan pemesanan dan pembatalan tiket.

1.5 Metodologi Penelitian
Pembuatan skripsi ini terbagi menjadi beberapa tahapan sebagai berikut
1. Studi Literatur dan Pengumpulan Data
Tahap ini merupakan tahap pengumpulan informasi dan data yang diperlukan dalam pembuatan Sistem Informasi ini. Studi literatur melalui buku-buku penunjang baik cetak maupun elektronik mengenai ASP, SQL Server dan contoh-contoh code yang tersedia di internet. Untuk pengumpulan data diperoleh dengan melakukan survey langsung ke PT. Pahala Kencana.
2. Desain Sistem
Pada tahap ini dilakukan analisis desain dan perancangan sistem yang akan dilakukan :
• Pemodelan dan perancangan sistem
Pemodelan sistem menggunakan DFD.
• Perancangan antar muka
Perancangan antar muka dilakukan guna membuat aplikasi yang user friendly sehingga mudah dioperasikan oleh pengguna.
3. Pembuatan Sistem
Pada tahap ini dilakukan pembuatan sistem informasi berdasarkan hasil desain sistem yang telah dibuat.
4. Uji Coba dan Evaluasi
Aplikasi yang telah selesai ini nantinya juga akan diuji coba dan dilakukan evaluasi guna mengetahui kelayakan sistem dan sejauh mana sistem tersebut mampu diimplementasikan.
5. Penyusunan Laporan Skripsi
Pada tahap terakhir ini disusun buku sebagai dokumentasi dari pelaksanaan Skripsi. Dokumentasi ini juga dibuat sehingga bagi orang lain yang ingin mengembangkan sistem tersebut bisa mempelajari dari dokumentasi tersebut.

1.6 Sistematika Penulisan
Sistematika yang digunakan dalam penyusunan Skripsi ini dibagi menjadi beberapa bab dan sub bab. Adapun pembagian bab dalam Skripsi ini adalah sebagai berikut :
BAB I PENDAHULUAN
Pada Bab ini diulas tentang latar belakang, perumusan masalah, pembatasan masalah, tujuan, dan sistematika penulisan.
BAB II LANDASAN TEORI
Bab ini berisi mengenai konsep dan teori pembelajaran yang menjadi landasan pembuatan Skripsi ini serta langkah-langkah apa saja yang diperlukan dalam desain dan implementasi sistem. Dasar teori disini meliputi pengertian tentang workflow berserta penggunaan dan penerapannya. Kemudian dijelaskan mengenai teknologi web yang meliputi HTML ( HyperTtext Markup Langugae ), ASP ( Active Server Pages ) dan JavaScript,. Selain itu dasar teori mengenai teknologi database yang meliputi SQL ( Structured Query Language ), dan DDL ( Data Definition Language ).
BAB III PERANCANGAN SISTEM
Pada Bab ini dibahas tentang perancangan sistem yang berisi kelemahan sistem lama dan rencana desain sistem baru yang akan menggantikan sistem lama, meliputi pembuatan Sistem Flow, Data Flow Diagram, Entity Relational Diagram, Basis Data, serta rancangan input output.
BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI
Pada Bab ini dibahas secara lebih rinci mengenai implementasi dan evaluasi output pada sistem pelayanan tiket satu atap.
BAB V PENUTUP
Pada bab ini dibahas kesimpulan tentang sistem yang telah dibuat beserta saran-saran yang dapat berguna untuk penyempurnaan sistem.


Baca Selengkapnya

13 comments:

Anonymous said...

ga bisa d download..
BT
padahal lagi butuh..
hikz

Unknown said...

saya mau th lbh lnjutnya ttg sistem informasi pemesanan dan penjualan tiket pesawat berbasis web, tolong kirim ke j.astarina@gmail.com trim's....

Unknown said...

saya mau th lbh lnjutnya ttg sistem informasi pemesanan dan penjualan tiket pesawat berbasis web, tolong kirim ke j.astarina@gmail.com trim's....

Admin said...

@ Anonymous : kami akan memperbaiki link nya.

@ Rina : silahkan download di link yang akan kami berikan nanti ...

pencari ilmi said...

admin password rarnya apa ?

rolland said...

bolehkah minta dikirim ke werdoz@gmail.com,saya sedang membutuhkannya sebagai referensi...link masih error..terimakasih banyak atas kerelaannya berbagi

Anonymous said...

ad passnya om..
gak bs di extract..

Anonymous said...

bos koq msh g bs di download neh??
ada link lainnya???

Anonymous said...

payah, broken link

Anonymous said...

payah, broken link

Anonymous said...

saya mau di kirimi lanjutannya sistem informasi pemesanan dan penjualan tiket pesawat dunk..
tlong krim ke adiek_cuek@yahoo.com


skalian passwordnya kalau ada passwordnya

arif said...

boleh minta dikirimin ke e-mail ga..
a_ifz@yahoo.com...

saya mohon

Anonymous said...

kenapa sampai sekarang gak bisa didownload ya.. kalau begitu, minta tolong di send ke email aja, kiano.hiz@gmail.com beserta passwordnya ya.. makasih :)