Saturday, February 13, 2010

CARA KERJA DAN PERBAIKAN REM DISC BRAKE

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Pemilihan Judul

Memasuki era global yang serba praktis, perkembangan ilmu sangat pesat terutama di bidang IPTEK. Perkembangan ini berdampak juga pada perkembangan teknologi tranportasi. Inovasi di bidang otomotif saat ini semakin memanjakan pemakai, dan terobosan teknologi terbaru harus memenuhi tuntunan konsumen yang lebih mudah, aman dan nyaman. Kepuasan konsumen akan tercapai dari segi artistik kendaraan baik eksteterior maupun interor yang bagus dan beberapa peralatan tambahan yang memudahkan pemakai. Selain itu juga mesin memiliki performance yang tinggi, serta perangkat keamananan dan kenyamanan lengkap yang berfungsi optimal. Suatu kendaraan dapat dikatakan baik apabila bisa memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengendara. Semua jenis kendaraan baik roda dua maupun roda empat dilengkapi dengan berbagai sistem, salah satu dari sistem itu adalah sistem pengereman.

Rem berfungsi untuk mengurangi kecepatan dan menghentikan laju kendaraan. Sistem ini sangat penting karena memiliki fungsi sebagai alat keselamatan dan menjamin untuk pengendara yang aman. Kendaraan tidak dapat berhenti apabila pengereman hanya dilakukan dengan pengereman mesin, kelemahan ini harus di kurangi agar dapat menurunkan kecepatan gerak kendaraan hingga berhenti. Kerja rem di sebabkan adanya gaya gesek pad rem melawan sistem gerak putar piringan ( disc ).

Dari uraian di atas penulis tertarik untuk memilih judul “ Cara kerja dan perbaikan rem Disc Brake ” dengan harapan penulis dapat mempelajari dan memahami topik tersebut. Adapun yang melatar belakangi penulis membahas judul tersebut adalah sebagai berikut :
  1. Sistem pengereman merupakan salah satu sistem yang mempunyai fungsi fital, tanpa adanya sistem pengereman kendaraan tidak dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengendara.
  2. Untuk mengetahui lebih banyak tentang komponen dan cara kerja dari sistem pengereman.
B. Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang yang dipaparkan di atas terdapat permasalahan sebagai berikut :
  1. Bagaimana cara kerja rem Disc Brake ?
  2. Apa saja komponen yang terdapat pada rem Disc Brake ?
  3. Apa saja indikasi kerusakan rem , dan
  4. Bagaimana cara memperbaikinya ?
C. Pemecahan Masalah

  1. Cara kerja rem Disc Brake adalah tekanan hidrolik dari master silinder, kemudian mendorong piston dan selanjutnya menekan pada rotor Disc. Pada saat yang sama tekanan hidrolik menekan sisi pad sehingga menjepit Disc dan terjadilah usaha pengereman.
  2. Komponen yang terdapat pada rem Disc Brake diantaranya adalah : Boster, Master Silinder, Kaliper, dan piringan ( Disc Brake )
  3. Indikasi kerusakan dan cara mengatasi kerusakan pada rem Disc Brake diantaranya adalah :
Indikasi Kerusakan
  • Batang pendorong boster salah penyetelan
  • Piston berkarat atau macet
  • Pad rem aus
  • Sil pada master silinder retak
  • Pipa rem bocor
  • Piston master silinder luka
Cara Mengatasinya
  • Setel batang pendorong booster
  • Bersihkan dan lumasi piston
  • Ganti pad rem
  • Ganti sil master silinder
  • Ganti pipa rem
  • Ganti piston master silinder
D. Tujuan

Tujuan yang ingin dicapai pada penulisan proyek akhir tentang cara kerja dan perbaikan rem Disc Brake, adalah sebagai berikut :
  1. Untuk mengkaji tentang rangkaian rem depan Disc Brake.
  2. Untuk mengetahui komponen rem Disc Brake.
  3. Untuk mengetahui troouble shooting rem Disc Brake.
  4. Bagaimana cara memperbaikinya ?
E. Manfaat

Manfaat yang diperoleh dari pembahasan cara kerja dan perbaikan rem Disc Brake adalah sebagai berikut :
  1. Memahami pengetahuan tentang rem depan Disc Brake
  2. Dapat memahami komponen-komponen rem Disc Brake
  3. Bermanfaat bagi masyarakat pengguna rem Disc Brake adalah mengetahui kerusakan dan cara memperbaikinya.
F. Metode Pengumpulan Data

  1. Metode Observasi Yaitu pengumpulan data pada objek dengan jalan pengamatan secara langsung terhadap objek penelitian.
  2. Metode Interview Yaitu dengan cara mengadakan tanya jawab secara langsung dengan para ahli untuk mendapatkan materi secara langsung.
  3. Studi PustakaYaitu dengan cara mencari data melalui buku-buku literatur yang berhubungan dengan sistem pengereman.
  4. Tempat observasi dan merangkai TA di bengkel xxx.
G. Sistematika Penulisan

Dari data di atas maka penulis akan menulis laporan proyek akhir ini dengan sistematika penulisan sebagai berikut :
BAB I : PENDAHULUAN
Pada pendahuluan berisi tentang :
a). Latar belakang pemilihan judul, b). Rumusan masalah, c). Tujuan, d).
Manfaat, e). Metode pengumpulan data serta, f). Sistematika laporan.
BAB II : ISI
Bab ini berisi :
a). Dasar teori sistem rem depan Disc Brake, b). Komponen-komponen
rem Disc Brake, c). Gangguan rem Disc Brake serta, d). Cara mengatasinya.
BAB III : PENUTUP
Pada bab ini di bahas :
a). Simpulan, b). Penutup, dan yang terakhir daftar pustaka serta lampiranlampiran.

Baca Selengkapnya ....

No comments: