Saturday, February 13, 2010

PEMBUATAN BENDA KERJA PADA MESIN FRAIS CNC TU 3A MENGGUNAKAN SOFTWARE CNC KELLER Q PLUS BERBASIS SOFTWARE AUTOCAD 2000

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Dewasa ini kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang sangat cepat. Kemajuan ini termasuk dalam dunia industri dan multimedia. Dalam dunia industri misalnya, mesin produksi atau mesin perkakas sudah banyak menggunakan teknologi tinggi seperti mesin frais, mesin bor, mesin bubut dan lain-lain. Kemajuan teknologi di bidang multimedia yang sangat pesat salah satunya adalah komputer. Penggunaan teknologi komputer saat ini telah mengalami kemajuan yang amat pesat, salah satunya dengan mengaplikasikan program komputer ke dalam mesin-mesin perkakas seperti mesin bubut, mesin freis, mesin bor, mesin las, mesin gerinda dan lain-lain. Hasil gabungan antara teknologi komputer dan teknologi mekanik inilah yang selanjutnya dinamakan mesin CNC (Computer Numerically Controlled), yang mana pengoperasiannya menggunakan program yang dikontrol langsung oleh komputer. 

Jika dibandingkan dengan mesin perkakas konvensional yang setaraf dan sejenis, maka mesin perkakas CNC akan menghasilkan komponen yang memiliki kualitas yang sama antara komponen yang satu dengan komponen lainnya, lebih teliti (akurat), lebih tepat (presisi), luwes (fleksibel) dan cocok untuk menghasilkan produk dalam kuantitas besar dalam waktu yang relatif lebih singkat.

Adapun beberapa keuntungan mesin perkakas CNC yaitu : produktifitas tinggi, ketelitian pengerjaan tinggi dan dapat digabung dengan mesin lain dalam hal ini mesin CAD/CAM dengan perangkat tambahan sehingga pemakaian mesin CNC akan lebih efektif, waktu produksi lebih cepat, kapasitas produksi lebih cepat, kapasitas produksi lebih besar, dan biaya pembuatan produk lebih murah. (Wirawan S, 2003:173). Mesin CNC dapat digabung dengan mesin lain dalam hal ini adalah mesin CAD/CAM dengan perangkat tambahan. Dengan digabungnya mesin CNC dengan CAD/CAM akan lebih efektif, karena dengan adanya mesin CAD/CAM operator tinggal membuat program benda kerja dan program tersebut dapat disimpan dalam komputer atau disket. Setelah program dibuat, operator bisa melihat kembali program tersebut dan dapat mengeksekusinya dalam bentuk simulasi, sehingga bila ada kesalahan program dapat diketahui lebih dahulu sebelum di eksekusi ke mesin sebenarnya. Sehingga penggunaannya akan lebih efektif dan efisien. Selain itu program yang sudah dibuat (di simpan) dapat digunakan secara berulang-ulang (untuk produksi massal).

Dewasa ini banyak ditemukan software-software yang dapat digunakan dalam komputer untuk bidang industri. Software-software tersebut antara lain: CAD/CAM, AutoCAD, MasterCAM, CNC KELLER Q plus, dan masih banyak lagi. Dengan adanya software-software tersebut akan sangat membantu kemajuan bidang industri. Salah satu software yang dapat digunakan atau dipadukan dengan mesin CNC adalah software CNC KELLER Q plus. Dengan menggunakan software ini seorang programmer tidak perlu membuat program perintahperintah dalam pengoperasian mesin CNC dalam pembuatan benda kerja, akan tetapi programmer hanya perlu membuat gambar yang kemudian dimasukkan dalam software ini. Secara otomatis perintah-perintah pembuatan benda kerja langsung keluar sendiri, sehingga sangat meringankan kerja dari programmer. Untuk pembuatan gambar benda kerja dapat digunakan software AutoCAD. Software AutoCAD mempunyai banyak keuntungan dalam pembuatan desain benda kerja, diantaranya: untuk pembuatan chamfer, fillet dan radius atau diameter tidak perlu menghitung dengan menggunakan rumus-rumus yang sulit (Wahana Komputer, 2002). 

Sehingga dengan menggunakan software AutoCAD gambar benda kerja yang sudah dibuat didalam AutoCAD disimpan dalam disket kemudian ditransfer dalam software CNC KELLER Q plus. Di dalam software CNC KELLER Q plus ini gambar yang sudah di buat didalam AutoCAD (bahasa grafis) di ubah dalam bentuk bahasa numeric (perintah N code dan G code) yang bisa dibaca oleh mesin CNC, karena mesin CNC hanya bisa membaca bahasa numeric (kode angka). Setelah bahasa numericnya (N code dan G code) keluar, lalu program tersebut disimpan dalam disket untuk dioperasikan pada mesin CNC untuk pembuatan benda kerja sesuai dengan desain gambar yanga ada pada AutoCAD.

Penggunaan gabungan antara software CNC KELLER Q plus dan AutoCAD mempunyai banyak keuntungan bila dibandingkan dengan mesin CNC biasa. Keuntungan itu antara lain (Wirawan S, 2005):
  1. Programmer tidak perlu capek-capek membuat program benda kerja.
  2. Programmer hanya perlu membuat gambar dari AutoCAD yang kemudian di transfer ke CNC KELLER Q plus.
  3. Memudahkan programmer dalam membuat chamfer, diameter atau radius yang secara konvensional memerlukan penghitungan.
  4. Mengurangi kesalahan dalam pemrograman karena sebelum diaplikasikan kedalam mesin CNC, perintah-perintah tersebut dapat disimulasikan terlebih dahulu, sehingga kalau ada kesalahan dapat dilihat dan diperbaiki.
  5. Hasil program CNC dari software ini dapat disimpan dalam disket, dan dapat langsung digunakan pada mesin perkakas CNC dengan melakukan penyesuaian (konversi) sesuai merk mesin CNC yang digunakan.
  6. Hasil simulasi pembuatan benda kerja dapat dilihat dalam tampilan 3 dimensi.
Dengan banyaknya keuntungan tersebut akan memudahkan dunia industri pada umumnya dan mesin perkakas khususnya. Berdasar uraian diatas, penulis bermaksud mengangkat masalah tersebut dalam bentuk skripsi dengan judul “Pembuatan Benda Kerja pada Mesin Frais CNC TU 3A menggunakan Software CNC KELLER Q plus berbasis AutoCAD 2000”.

B. Pembatasan Masalah

Guna mempermudah pemahaman dan penafsiran dalam penyusunan skripsi ini maka diperlukan pembatasan masalah. Seperti diketahui bahwa software-software yang berhubungan dengan mesin CNC banyak sekali, diantaranya: software CAD/CAM, MasterCAM, CNC KELLER Q plus dan masih banyak lagi yang lainnya. Dari banyaknya software tersebut, maka peneliti membatasi hanya pada penggunaan software CNC KELLER Q plus. Dan masalah yang dibahas disini hanya bagaimana cara mentransfer gambar dari software AutoCAD ke software CNC KELLER Q plus. Serta bagaimana mentransfer program dari software CNC KELLER Q plus ke mesin freis CNC TU 3A.

Baca Selengkapnya ....

1 comment:

Anonymous said...

di mana link untuk download CNC Keller Q Plus yang free???
Soalnya saya dah lama cari tapi gak dapat2...