Wednesday, February 10, 2010

SISTEM INFORMASI HER-REGISTRASI DAN PERENCANAAN STUDI MAHASISWA PADA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH GRESIK

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Informasi adalah sesuatu yang sangat penting akhir-akhir ini terutama diera globalisasi. Persaingan global telah membuat orang-orang haus akan informasi. Sekarang ini telah banyak media yang harus dijadikan sumber informasi dan orang-orang dapat dengan bebas mendapatkannya baik melalui Koran, buku, televisi atau bahkan melalui internet. Suatu sistem yang dibuat manusia yang terdiri dari komponen-komponen dalam organisasi untuk mencapai suatu tujuan yaitu menyajikan informasi, yang akan mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.

Didalam sistem informasi akademik Universitas Muhamadiyah Gresik, masih terdapat banyak kekurangan seperti proses pengisian pada blangko her-registrasi mahasiswa yang masih sangat sederhana dan masih bersifat manual sedangkan untuk proses pengisian rencana studi harus menunjukkan bukti dari blangko her-registrasi mahasiswa untuk mengetahui status mahasiswa, sehingga diperlukan perbaikan untuk fasilitas pendidikan, terutama pada pengelolahan tentang her-registrasi dan perencanaan studi mahasiswa yang dapat diakses secara langsung, perkembangan sistem informasi sangat diperlukan untuk mempermudah proses kegiatan akademik di Universitas Muhamadiyah Gresik dengan membangun aplikasi tentang sistem her-registrasi dan perencanaan studi mahasiswa.

Suatu sistem informasi ini merupakan harapan bagi mahasiswa untuk membantu didalam melakukan proses-proses yang sebelumnya dilakukan secara manual, dengan adanya sistem informasi her-registrasi dan perencanaan studi mahasiswa diharapkan dapat mempermudah untuk mendapatkan informasi mengenai status her-registrasi mahasiswa, dan perencanaan studi mahasiswa dan lebih efisien didalam pengelolahan data her-registrasi mahasiswa sampai dengan pengambilan studi mahasiswa.

Berdasarkan uraian latar belakang tersebut, maka diambil judul “Sistem Informasi Her-registrasi dan Perencanaan Studi Mahasiswa pada Universitas Muhammadiyah Gresik ”.

1.2 Rumusan masalah
Berdasarkan uraian yang telah dijelaskan dalam latar belakang adalah:
1. Bagaimana merancang dan membuat sistem untuk mengetahui status her-registrasi mahasiswa.
2. Bagaimana merancang dan membuat sistem untuk mengetahui status perencanaan studi mahasiswa.

1.3 Tujuan Penelitian
Adapun tujuan dalam pembuatan Skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Mempermudah dalam proses kegiatan akademik di Universitas Muhammadiyah Gresik .
2. Untuk menyediakan informasi tentang status mahasiswa yang Her-registrasi (Cuti, BK, atau Aktif) dan Perencanaan Studi Mahasiswa.
3. Merancang dan membuat sebuah prototype baru tentang Sistem Informasi Her-registrasi dan Perencanaan Studi Mahasiswa pada Universitas Muhammadiyah Gresik.

1.4 Batasan Masalah
1. Sistem informasi her-registrasi dan perencanaan studi mahasiswa ini dirancang dan dibuat untuk Universitas Muhammadiyah Gresik.
2. Pelaksanaan her-registrasi dan pengisian KRS dilakukan pada waktunya atau sesuai kalender akademik Universitas Muhammadiyah Gresik.
3. Proses yang terjadi pada sistem dimulai sejak mahasiswa tersebut menjadi mahasiswa Universitas Muhammadiyah Gresik.
4. Proses her-registrasi dilakukan setelah pembayaran dengan mengisi biodata her-registrasi mahasiswa.

Baca Selengkapnya

No comments: